Home » » Ungkapan Jawa Khas Jogja

Ungkapan Jawa Khas Jogja

Anda sedang membaca artikel Ungkapan Jawa Khas Jogja yang dimuat pada blog Kumpulan Arti Peribahasa. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan selengkapnya. Semua tulisan yang dimuat disini mungkin tidak sepenuhnya memberikan informasi yang akurat, silahkan hanya gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan apa yang akan anda pelajari dan bukan merupakan sumber terpercaya.

Ada banyak sekali peribahasa dan ungkapan Jawa yang dapat kita temukan, karena memang orang orang dahulu selalu menggunakan petuah bijak atau peribahasa untuk mencerminkan apa yang terjadi dan dilakukan.

Kalau bicara tentang peribahasa, saya sudah banyak menulis tentang peribahasa didalam blog ini. Namun ada satu yang mengganjal yaitu mencari ungkapan-ungkapan jawa yang biasa digunakan oleh masyarakat Yogyakarta.

Bahkan sampai sekarang, saya sempat punya keinginan, aku ingin jogja tetap menggunakan istilah Jawa yang tulen, tidak terpengaruh dengan budaya luar yang banyak memberikan dampak buruk untuk pergaulan.

Nah diantara ungkapan jawa yang sering digunakan oleh orang jogja antara lain adalah:
"Jawut ulen-ulen, liane **mbut ora deduwen"

Ungkapan diatas bisa dibilang lebih mirip dengan parikan. Dan teman saya biasa mengucapkan kalimat tersebut kalau lagi bokek alias sama sekali tidak punya uang. Aku Ingin Jogja

Artikel Terkait:

2 comments:

  1. siapa anda?
    maaf saya sudah baca blog yang anda buat
    bagus
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah membaca blog sederhana ini, saya hanya orang biasa yg suka nulis hehe

      Delete